Karena Hidup Adalah Perjuangan..

Ada banyak cara bagi seseorang untuk bisa survive dalam hidupnya, untuk bisa terus bangkit dari jatuhnya, ataupun untuk terus berjuang dalam menggapai mimpinya. Ada banyak cara yang dimiliki setiap orang, dan barangkali setiap orang memiliki caranya masing-masing. Mungkin  ia bisa memotivasi dirinya dengan mengingat orang tuanya, menempel tulisan ataupun gambaran mimpinya besar-besar, ataupun memakai kata-kata bijak sebagai penguat hatinya untuk tetap tegar.

Berbicara tentang kata-kata bijak, disini saya ingin sedikit berbagi tentang kata-kata bijak (sebenernya gak bijak juga sih) sebagai motto hidup saya. “Karena Hidup Adalah Perjuangan..”. ya ituah motto hidup saya, meskipun terlihat simpel dan gak berisi, tapi itu memiliki makna yang mendalam bagi saya. Mungkin banyak dari kita yang memiliki motto dengan kata-kata elok nan memukau, berisi  beberapa kata bahkan kalimat. Tapi bagi saya, yang terpenting adalah bukan keren atau tidaknya motto itu di CV kita, tapi bagaimana motto hidup itu bisa benar-benar membangkitkan semangat kita kembali dalam menjalani hidup.

Dalam menjalani roda kehidupan ini kita sering bertanya-tanya, Mengapa saya harus melakukan hal berat seperti ini? Mengapa saya harus belajar hal susah begini? Mengapa saya harus capek-capek kuliah berjam-jam? Harus berusaha mati-matian untuk ujian? Dan bahkan pada akhirnya, saya hanya mendapat kegagalan? Mengapa hal ini harus terjadi?

Kita pasti memiliki banyak jawaban atas semua pertanyaan tadi. Pastinya jawaban itu sudah benar, minimal menurut diri kita. Dan bagi saya, jawaban dari semua pertanyaan di atas hanya satu. Ya, “Karena Hidup Adalah Perjuangan..”

Itulah alasan mengapa motto saya terkesan tidak  terlalu kharismatik, bahkan terkesan aneh dengan kata ‘karena’ di awal. Tapi menurut saya hal itu sangat membantu saya untuk selalu berjuang, untuk selalu bertahan dan untuk selalu bergerak maju dalam menggapai mimpi yang saya inginkan. Karena di motto tersebut adalah jawaban dari setiap keluh kesah saya, dari setiap gundahan hati saya ketika mendapat cobaan. Setiap kita pasti memiliki mimpi, setinggi apapun itu, sesulit apapun itu, kita harus tetap bertahan dalam melewati setiap luka demi menggapainya. Teruslah maju meskipun kita banyak hambatan, berjanjilah untuk bangkit kembali seberapa seringpun kita terjatuh. Meskipun tubuh kita penuh luka, meskipun diri ini hampir hancur, berdirilah kembali dan katakan, “Ya, Karena Hidup Adalah Perjuangan..”

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

